Tips menulis Copywriting yang baik dan benar!
![]() |
photo by theadvertisingoutlet.wordpress.com |
Tips menulis Copywriting yang baik dan benar! - Dalam dunia bisnis hal seperti branding ataupun marketing
menjadi hal sangat penting. Nah untuk penerapan branding and marketing ada beberapa teknik branding and marketing
yang bisa dilakukan, diantaranya terdapat teknik yang paling efektif untuk
dilakukan ialah Copywriting! Copywriting adalah sebuah tindakan menulis teks
untuk tujuan iklan atau bentuk pemasaran lainnya. Produk, yang disebut copy,
adalah konten tertulis yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan
pada akhirnya membujuk seseorang untuk
mengambil tindakan tertentu.Copywriter membantu membuat billboard, brosur,
katalog, lirik jingle, iklan majalah dan surat kabar, surat penjualan dan surat
langsung lainnya, bisa juga skrip untuk iklan televisi atau radio, slogan,
kertas putih, posting media sosial, dan komunikasi pemasaran lainnya.
Nah mereka ini umumnya dikenal sebagai penulis konten
situs web atau copywriter. jika karya
mereka sebagian besar muncul di Internet. Seorang penulis konten akanmembantu
membuat iklan online, halaman web, newsletter email, posting blog dan posting
media sosial. Penulis copy lintas disiplin yang melihat konteks yang lebih luas
dari pekerjaan mereka disebut copywriter digital.hanya saja perbedaannya adalah
bahwa individu-individu ini mempertimbangkan mekanisme perjalanan pengguna,
tautan eksternal yang disertakan dalam salinan untuk pengoptimalan mesin
telusur dan sangat terfokus untuk membuat penjualan daring dan menangani
masalah teknis seperti rasio pentalan (ni mewakili persentase pengunjung yang
masuk ke situs dan kemudian pergi ("bangkit") daripada terus melihat
halaman lain di situs yang sama. Rasio pentalan pada dasarnya dihitung pada
berapa banyak waktu yang dihabiskan seseorang di suatu situs.
Penjualan Secara Halus ( Soft Selling Copywriting)
Tahukah kamu? Bahwa dalam trik berjualan ataupun
berbisnis terdapat dua jenis cara berjualan yang sering dilakukan. Yang pertama
ialah hard selling yang berarti berjualan ataupun berbisnis secara
terang-terangan, dimana kamu memaparkan produk secara umum dan menarik orang-
orang untuk membeli produk. Sedangkan yang kedua ialah soft selling yang
berarti penjualan secara halus yang bermaksud dimana anda berjualan tanpa
terkesan berjualan, hihi. Gimana tuh ya? Soft selling ini juga termasuk teknik
copywriting, kenapa tidak? Karena pada dasarnya soft selling itu sebenarnya
bagian dari teknik copywriting. Dalam soft selling anda akan mencoba mengolah
kata sebaik mungkin agar tidak terkesan sedang berjualan dan memaksa orang
untuk membeli produk anda. Cara ini cukup efektif untuk dilakukan, terlebih
lagi bagi seorang internet marketer, mantap
kan.
Tips menulis Copywriting yang benar
Eitts
tunggu dulu, sebelum memulainya, ada hal yang perlu kamu ketahui sebelum
menulis teks copywriting kamu yang benar . Pertama-tama, kamu perlu tahu untuk
siapa kamu menulis. Sebagai contoh, jika sebuah bisnis Anda adalah tour &
travel mungkin mengatakan bahwa ksmu menulis untuk orang yang ingin berlibur
atau berwisata, tetapi apakah informasi tersebut suadah cukup memadai?
Apakah
Anda tahu perilaku dan interest mereka? Apakah permasalahan mereka yang ingin
dipecahkan ketika memilih bisnis Anda.Dengan kata lain, Anda harus benar-benar
memahami target market Anda. Oke mari
kita berlanjut ke bagian tips, Berikut 3 Tips Copywriting yang benar!
1.
Menulis Tentang
Manfaat produk bukan Fiturnya saja
Tips pertama adalah menulis tentang manfaat
dari produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan daripada fitur-fiturnya.Hal
tersebut mungkin terdengar cukup sederhana tapi masih banyak juga yang hanya menuliskan
tentang fitur produk atau jasa.Berikut adalah contohnya, Jika Anda
mengikuti workshop ini Anda akan mendapat fasilitas berupa speaker yang
berpengalaman di bidangnya, modul bisnis Didampingi oleh tim DigitalMarketer.id,
dan banyak Relasi.
![]() |
photo by fizzle.com |
2.
Menggunakan informasi yang spesifik
Tips yang kedua
ialah menyiapkan informasi yang spesifik, daripada penggunaan yang general
ataupun umum di copywriting anda. Menunjukan angka dan klaim spesifik yang lebih bisa dipercaya daripada angka general dan klaim dan
terlihat kurang seperti mereka telah dibuat.
Hal ini juga menunjukkan
bahwa kamu serius membantu customer Anda dan tahu bagaimana untuk
meringankan atau bahkan memecahkan masalah dan mencapai tujuan mereka.
3.
Dilarang memberi
manfaat palsu!
Kelihatannya
jelas, tapi Anda akan terkejut betapa banyak bisnis yang sedikit terbawa ketika
menulis tentang bagaimana produk mereka bisa mendapatkan keuntungan dari
customer mereka. Dan, akhirnya menulis manfaat palsu.
manfaat
ini tidak benar dan lebih dari pendapat dari manfaat yang sebenarnya dari
layanan mereka.
Sampaikan Manfaat yang sebenarnya,
penting untuk tetap berpegang pada fakta-fakta tentang bagaimana produk atau
jasa Anda benar-benar akan menguntungkan customer Anda. Jika kamu memberi
informasi yang palsu maka kamu akan rugi sendiri.
Contoh
penerapan Copywriting
Tahukah
kamu? Copywriting biasanya digunakan untuk kebutuhan internet marketing ataupun
jenis marketing lainnya yang menggunakan
tulisan. Salah satu contoh penerapannya ialah ketika seseorang berjualan secara
online di sosial media. Copywriting dan
soft selling ini sudah sangat dipercayai ampuh dan efektif di media sosial. Karena
itu, tidak heran bila pengenalan copywrting sangat dibutuhkan oleh sang
internet marketer. Contoh penerapan yang lainnya, bisa digunakan sebagai media
promosi, seperti, banner, spanduk, ataupun brosur.
Dalam hal ini bukan hanya
internet marketer saja yang membutuhkan pengetahuan mengenai copywriting,
seorang graphic desainer juga belajar copywriting, mereka akan membuat
tulisan dengan berbagai kreatifitas desainnya. Sebuah desain yang tidak hanya dilihat dari nilai estetikanya saja, namun juga nilai fungsi yang terdapat
didalamnya. salah satu contoh seorang Copywriter di Medan yang terkenal adalah Wahyu Blahe, di situs halamannya juga terdapat artikel mengenai copywriting yang memudahkan kita.
Demikianlah informasi tips menulis copywriting yang baik dan benar, informasi diatas masih secara umumnya saja, masih banyak lagi penjelasan mengenai copywriting. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil :)
Komentar
Posting Komentar