Tips menulis Copywriting yang baik dan benar!

Copywriting
photo by theadvertisingoutlet.wordpress.com

Tips menulis Copywriting yang baik dan benar! - Dalam dunia bisnis hal seperti branding ataupun marketing menjadi hal sangat penting. Nah untuk penerapan branding and marketing  ada beberapa teknik branding and marketing yang bisa dilakukan, diantaranya terdapat teknik yang paling efektif untuk dilakukan ialah Copywriting! Copywriting adalah sebuah tindakan menulis teks untuk tujuan iklan atau bentuk pemasaran lainnya. Produk, yang disebut copy, adalah konten tertulis yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan pada akhirnya membujuk seseorang  untuk mengambil tindakan tertentu.Copywriter membantu membuat billboard, brosur, katalog, lirik jingle, iklan majalah dan surat kabar, surat penjualan dan surat langsung lainnya, bisa juga skrip untuk iklan televisi atau radio, slogan, kertas putih, posting media sosial, dan komunikasi pemasaran lainnya.

Nah mereka ini umumnya dikenal sebagai penulis konten situs web atau copywriter.  jika karya mereka sebagian besar muncul di Internet. Seorang penulis konten akanmembantu membuat iklan online, halaman web, newsletter email, posting blog dan posting media sosial. Penulis copy lintas disiplin yang melihat konteks yang lebih luas dari pekerjaan mereka disebut copywriter digital.hanya saja perbedaannya adalah bahwa individu-individu ini mempertimbangkan mekanisme perjalanan pengguna, tautan eksternal yang disertakan dalam salinan untuk pengoptimalan mesin telusur dan sangat terfokus untuk membuat penjualan daring dan menangani masalah teknis seperti rasio pentalan (ni mewakili persentase pengunjung yang masuk ke situs dan kemudian pergi ("bangkit") daripada terus melihat halaman lain di situs yang sama. Rasio pentalan pada dasarnya dihitung pada berapa banyak waktu yang dihabiskan seseorang di suatu situs.

Penjualan Secara Halus ( Soft Selling Copywriting)
Tahukah kamu? Bahwa dalam trik berjualan ataupun berbisnis terdapat dua jenis cara berjualan yang sering dilakukan. Yang pertama ialah hard selling yang berarti berjualan ataupun berbisnis secara terang-terangan, dimana kamu memaparkan produk secara umum dan menarik orang- orang untuk membeli produk. Sedangkan yang kedua ialah soft selling yang berarti penjualan secara halus yang bermaksud dimana anda berjualan tanpa terkesan berjualan, hihi. Gimana tuh ya? Soft selling ini juga termasuk teknik copywriting, kenapa tidak? Karena pada dasarnya soft selling itu sebenarnya bagian dari teknik copywriting. Dalam soft selling anda akan mencoba mengolah kata sebaik mungkin agar tidak terkesan sedang berjualan dan memaksa orang untuk membeli produk anda. Cara ini cukup efektif untuk dilakukan, terlebih lagi bagi seorang internet marketer, mantap 
kan. 

Tips menulis Copywriting yang benar
Eitts tunggu dulu, sebelum memulainya, ada hal yang perlu kamu ketahui sebelum menulis teks copywriting kamu yang benar . Pertama-tama, kamu perlu tahu untuk siapa kamu menulis. Sebagai contoh, jika sebuah bisnis Anda adalah tour & travel mungkin mengatakan bahwa ksmu menulis untuk orang yang ingin berlibur atau berwisata, tetapi apakah informasi tersebut suadah cukup memadai?
Apakah Anda tahu perilaku dan interest mereka? Apakah permasalahan mereka yang ingin dipecahkan ketika memilih bisnis Anda.Dengan kata lain, Anda harus benar-benar memahami target market Anda.  Oke mari kita berlanjut ke bagian tips, Berikut 3 Tips Copywriting yang benar!
1.      Menulis Tentang Manfaat produk bukan Fiturnya saja
Tips pertama adalah menulis tentang manfaat dari produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan daripada fitur-fiturnya.Hal tersebut mungkin terdengar cukup sederhana tapi masih banyak juga yang hanya menuliskan tentang fitur produk atau jasa.Berikut adalah contohnya, Jika Anda mengikuti workshop ini Anda akan mendapat fasilitas berupa speaker yang berpengalaman di bidangnya, modul bisnis Didampingi oleh tim DigitalMarketer.id, dan banyak Relasi.
Copywriting
photo by fizzle.com
2.      Menggunakan informasi yang spesifik
Tips yang kedua ialah menyiapkan informasi yang spesifik, daripada penggunaan yang general ataupun umum di copywriting anda. Menunjukan angka dan klaim spesifik yang lebih bisa dipercaya daripada angka general dan klaim dan terlihat kurang seperti mereka telah dibuat.
Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu serius  membantu customer Anda dan tahu bagaimana untuk meringankan atau bahkan memecahkan masalah dan mencapai tujuan mereka.
3.      Dilarang memberi manfaat palsu!
Kelihatannya jelas, tapi Anda akan terkejut betapa banyak bisnis yang sedikit terbawa ketika menulis tentang bagaimana produk mereka bisa mendapatkan keuntungan dari customer mereka. Dan, akhirnya menulis manfaat palsu.
manfaat ini tidak benar dan lebih dari pendapat dari manfaat yang sebenarnya dari layanan mereka.
Sampaikan Manfaat yang sebenarnya, penting untuk tetap berpegang pada fakta-fakta tentang bagaimana produk atau jasa Anda benar-benar akan menguntungkan customer Anda. Jika kamu memberi informasi yang palsu maka kamu akan rugi sendiri.
Contoh penerapan Copywriting
Tahukah kamu? Copywriting biasanya digunakan untuk kebutuhan internet marketing ataupun jenis  marketing lainnya yang menggunakan tulisan. Salah satu contoh penerapannya ialah ketika seseorang berjualan secara online di sosial media.  Copywriting dan soft selling ini sudah sangat dipercayai ampuh dan efektif di media sosial. Karena itu, tidak heran bila pengenalan copywrting sangat dibutuhkan oleh sang internet marketer. Contoh penerapan yang lainnya, bisa digunakan sebagai media promosi, seperti, banner, spanduk, ataupun brosur. 
Dalam hal ini bukan hanya internet marketer saja yang membutuhkan pengetahuan mengenai copywriting, seorang graphic desainer juga belajar copywriting, mereka akan membuat tulisan dengan berbagai kreatifitas desainnya. Sebuah desain yang tidak hanya dilihat dari nilai estetikanya saja, namun juga nilai fungsi yang terdapat didalamnya. salah satu contoh seorang Copywriter di Medan yang terkenal adalah Wahyu Blahe, di situs halamannya juga terdapat artikel mengenai copywriting yang memudahkan kita. 
Demikianlah informasi tips menulis copywriting yang baik dan benar, informasi diatas masih secara umumnya saja, masih banyak lagi penjelasan mengenai copywriting. Mohon maaf bila ada kesalahan dan terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil :) 

Komentar

Postingan Populer