Jajanan Nusantara Yang Masih Famous



 Jajanan Nusantara Yang Masih Famous - Nah kali ini gua akan bahas jajanan nusantara. Negara kita ini kaya akan alam, budaya, begitu juga dengan Kulinernya! Jajanan nusantara bukan hanya untuk camilan pribadi, bisa saja untuk makanan bagi tamu, atapun di acara tertentu. Berbagai rasa lezat bisa kita nikmati di negara kita sendiri. Nah beberapa jajan yang masih disukai anak muda ! 

1. Serabi
 
Photo by youtube.com

Serabi atau surabi ini ada dua jenis yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui diatasnya. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.Kadangkala telur ayam yang telah dikocok ditambahkan ke atas adonan serabi yang sedang dimasak. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan berbagai topping ya. Cara membuat nya cukup mudah, campurkan bahan, santan, gula merah, dan garam secukupnya. Tambah telur yang sudah diberi pewarna makanan. Aduk rata, lalu tuang ke cetakan serabi, masak hingga matang.

2. Klepon
 
Photo by cookpaad.com
Disebut juga onde onde manis. Terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulat kecil dan diisi gula merah. Lalu direbus, lalu dan diberi parutan kelapa. Mudah bukan? Anda bisa memberi gula merah sesuai selera. Klepon juga masih banyak yang menjual.

3. Lupis
 
Photo by dspatisserie.000webhostapp.com
Kue yang satu ini selalu disukai anak anak. Kue ini terbuat dari beras ketan, kemanisannya dari parutan kelapa dengan gula aren. Biasanya dijual di warung nasi uduk. Cara membuatnya dengan merendam ketan selama setengah jam, kemudian tiriskan dan campur air kampur sirih. Daun pisang dibentuk kerucut, dan isi dengan ketan dan lipat daunmenjadi bentu segitiga. Lalu kukus selama satu jam. Kalau sudah diberi parutan kelapa dan gula merah cair.

4. Getuk
 
Photo by tabloidbintang.com
Berbahan utama ketela pohon atau singkong. Getuk merupakan makanan yang mudah ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian kukus atau perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan. Untuk penghidangan biasanya ditaburi dengan parutan buah kelapa.Cara membuat getuk tergolong mudah, karena hanya dengan merebus singkong, kemudian tambahkan garam dan gula yang kemudian dilumatkan. Setelah itu bisa di tambahkan dengan pewarna makanan agar getuk terlihat lebih menarik

5. Onde onde
 
Photo by resepkueku.com

Jajanan pasar satu ini masih cukup banyak ditemukan di kota besar dan sangat terkenal di Solo. Onde-onde terbuat dari tepung terigu dengan isian kacang ijo dan dibaluri dengan wijen. Rasa manis dan gurih yang bercampur menjadi satu menjadikannya pepaduan yang sempurna .Nah, bagi pengemar jajanan pasar onde-onde, sekarang ini sudah mulai bermunculan beragam variasi. Ada yang terbuat dari tepung ketan dengan isian berupa pasta kacang hijau. Selain itu ada pula onde-onde khas yang warna permukaannya hijau, merah atau putih. Sangat menarik ya !

6. Dodol
 
Photo by says.com
Proses pembuatan dodol memerlukan waktu yang lama, dan membutuhkan keahlian khusus. Bahan utama dala dodol ialah tepung ketan, santan kelapa, gula merah dan pasir, dan garam. Panganan manis ini juga dari Negara tetangga, Malaysia. Teksturnya yang lembut, kenyat, dan tidak terlalu berminyak. Dodol juga memiliki bahan tambahan seperti durian, disebut dodol durian. Bahan tambahan sirsak disebut dodol sirsak. Dan masih banyak aneka tambahan lainnya.

Komentar

Postingan Populer