Fakta unik Lumba-Lumba!


 
Photo by pinterest.co.uk
Fakta unik Lumba Lumba! - Siapa sih yang tidak suka dengan hewan mamalia laut yang menggemaskan ini? Tidak hanya menggemaskan hewan ini juga sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks.  Nah di blog kali ini saya akan memberi info fakta nyata lumba lumba! So stay and scroll down!

1.      Lumba Lumba Sangat Cerdas!
Fakta unik yang pertama pada lumba-lumba ialah kecerdasaannya. Lumba-lumba terkenal sebagai mamalia yang cerdas dan pintar. Jika diajarkan, Lumba-lumba  dapat melakukan berbagai trik gerakan yang mengagumkan. Tidak hanya gerakan saja, biasanya lumba-lumba menggunakan akal cerdasnya mencari makan. dengan cara memanfaatkan kapal nelayan yang sedang berlayar di lautan, mengapa harus kapal nelayan? Biasanya mereka mengikuti kapal sampai di tempat yang dituju, dimana terdapat banyak ikan yang siap di makan nih, pinter nih yaa. Pada sebuah penelitian, dimana para ilmuan atau peneliti ini mengklaim bahwa lumba-lumba sangatlah cerdas, sehingga kapasitas otaknya dalam peringkat kedua paling tinggi setelah manusia. Bahkan angkatan laut memanfaatkan lumba –lumba untuk menemukan dan mengambil tambang dari laut, lho.
Photo by youtube.com
2.      Lumba-lumba berhati yang baik
Ternyata hewan mamalia laut ini selain cerdas juga sangat perhatian dan baik. Buktinya saja lumba-lumba ternyata suka tolong menolong dengan kawanan lumba lainnya, seperti saat lumba-lumba betina melahirkan, kawanan lainnya akan segera menolong persalinan dan juga menjaga bayi yang telah dilahirkan. Wah lumba-lumba saja tolong menolong, masa iya kamu engga?hihi. eits tidak hanya itu, ternyata lumba-lumba juga menolong manusia yang tersesat atau terombang ambing di tengah laut, biasanya jika mereka menjumpai lumba lumba, lumba-lumba pun akan menolong dengan membimbing menuju dimana darat terdekat. Layaknya dongeng ya, tapi hal ini pernah terjadi lho!

3.      Berapa lamanya hidup Lumba-lumba
Nah, fakta selanjutnya ialah mengenai berapa lamanya hidup mamalia laut ini. Hayo, ada yang tahu? Kehidupan lumba-lumba di muka bumi ini bisa mencapai puluhan tahun, lho! Dan sebagian besarnya hidup dengan umur yang sangat panjang. Lumba-lumba bottlenose dapat hidup kurang lebih selama 40 tahun lamanya. Berbeda dengan jenis lumba-lumba bottlenose , spesies orca bisa hidup  sampai dengan usia 70tahun hingga 80 tahun lamanya.

4.      Lumba-lumba  ramah dan ceria
Lumba lumba juga terkenal dengan keceriannya. Ceria dan menyenangkan, inilah yang emnjadi daya tarik yang besar di setiap penangkaran. Dan juga menjadi daya tarik di sukai oleh semua manusia.  Lumba-lumba dapat berinteraksi dengan ceria bersam kawanan lainnya di alam bebas. Bermain dengan saling mengejar satu sama lain hingga melempar benda, seperti rumput laut yang dilempar dari satu ke yang lainnya,hihi menggemaskan sekali ya. Perilaku ini dianggap alami, kenapa tidak? Karena hal ini memungkinkan lumba-lumba untuk melatih keterampilan berburunya. Bermain juga merupakan cara untuk saling terikat satu sama lain, sehingga para lumba-lumba selalu ceria dan terlihat senang.

5.      Lumba-lumba selalu waspada
Karena kecerdasannya lumba-lumba selalu waspada lho. Contohnya saja pada saat lumba-lumba tertidur, ternyata mereka mengaktifkan sebagian otaknya secara bergantian selama 8 jam lamanya. Nah, jadi selama itu salah satu bagian otak lumba-lumba itu akan terjaga dan waspada. Lumba lumba terus tetap berenang dan naik ke permukaan untuk bernapas. Tahukah anda cara bernapas dari hewan mamalia laut ini?  Lumba-lumba bernapas dengan lubang diatas dekat dengan kepalanya yang biasa disebut ‘’Blowhole ‘’. Saat berada didalam air blowhole akan tertutup dan ketikan lumba-lumba bernafas ke permukaan,  blowhole pun akan terbuka.

6.      Jenis Lumba-lumba
Udah ada yang tahu belum, ada berapa banyak spesies lumba di dunia? Dalam sebuah penelitian tentang lumba-lumba dikatakan bahwa belum jelas berapa jenis lumba-lumba hingga saat ini. Menurut yang diketahui penelitian, lumba-lumba yang hidup di laut terdapat 43 spesies. Lumba-lumba itu di klasifikasikan ke dalam 17 jenis. Dan terdapat lumba-lumba yang hidup di sungai, terdapat 5 spesies dan tergolong dalam 4 jenis, lho.

7.      Suara sebagai indera penglihatan
Tahukah kamu? Lumba-lumba menggunakan suara sebagai indera penglihatannya, memanfaatkan suara untuk mencari ke arah mana dia harus berenang dan mencari makan, yang uniknya lagi ketika lumba-lumba mengeluarkan suaranya untuk mencari ikan-ikan kecil maupun cumi-cumi yang ada di habitatnya yang mereka makan.

8.      Fungsi gigi pada lumba-lumba
Fakta unik pada lumba lumba selanjutnya ialah tentang giginya. Lumba lumba memiliki 8 gigi dan juga ada yang berjumlah hingga 250 gigi, dan pada jenis bottlenose mereka memiliki gigi 72 hingga 104 gigi. Gigi yang sudah hilang tidak akan tumbuh lagi, karena giginya hanya tumbuh satu kali seumur hidup. Fakta lainnya ialah lumba-lumba tidak menggunakan giginya untuk mengunyah makanan seperti manusia. Jadi gunanya apa? Mereka menggunakan gigi mereka untuk menangkap makanan mereka dan langsung menelan seutuhnya.]

9.      Lumba tidak minum air
Fakta unik pada lumba-lumba selanjutnya ialah lumba- lumba tidak meminum air seperti hewan lainnya. Tahukah kamu mengapa begitu? Lumba-lumba akan mendapatkan kebutuhan airnya lewat ikan yang mereka makan. lumba-lumba bisa memakan berbagai jenis ikan tergantung pada jumlah kalori yangmereka butuhkan.

10. Uniknya lumba-lumba jenis bottlenose
Nah lumba-lumba bottlenose adalah mamalia laut yang hidup di samudera tropis dan beriklim sedang atau lautan dengan suhu yang ringan di seluruh dunia. Kamu bisa melihat lumba-lumba jenis bottlenose bermain di perairan inggris dan irlandia tepat pada teluk dan muara sungai. Nah fakta unik jenis lumba-lumba ini yaitu, perenang yang handal dan juga raja komunikasi! Mengapa begitu? Bagai caranya ya? Lumba-lumba itu saling berkomunikasi dengan cara yang berbeda beda. Mereka melakukannya dengan cara mencicit, bersiul, dan juga menggunakan bahasa tubuh, melompat dan keluar dari air, menarik sekali ya.


Komentar

Postingan Populer