Fakta Menarik Mengenai Hewan Zebra


Fakta Menarik Mengenai Hewan Zebra - Yuk mengenal lebih dekat dengan Binatang  Zebra, hewan yang mempunyai warna unik dengan warna belang hitam dan putih ini, mempunyai banyak fakta yang menarik untuk kamu ketahui, diantaranya ada di bawah ini Guys! So keep scroll down!

1) Guys, udah pada tahu belum, bahwa planet kita adalah rumah bagi tiga spesies zebra yang berbeda, dataran zebra, zebra Grevy dan zebra gunung, ketiga spesies yang hidupnya tersebar di  Afrika.

2) Spesies yang paling umum adalah dataran zebra, yang menjelajah padang rumput dan hutan di bagian timur dan selatan Afrika. Zebra Grevy dapat ditemukan di daerah kering, semi-gurun di Kenya dan Ethiopia, dan zebra gunung hidup di habitat pegunungan dan perbukitan di Namibia, Angola, dan Afrika Selatan.

3) Berkaitan erat dengan kuda, zebra memiliki tubuh yang tebal, kaki yang tipis, ekor berumbai, dan kepala panjang serta leher yang pendek. Dan fitur mereka yang paling terkenal? Mantel bergaris hitam-putih mereka yang brilian, tentu saja!

4) Jadi kenapa ya zebra memiliki garis-garis? Yah, para ilmuwan tidak sepenuhnya yakin. Garis-garis mereka mungkin berfungsi untuk mempesona dan membingungkan pemangsa dan serangga penggigit, atau untuk mengendalikan panas tubuh hewan. Karena setiap garis individu itu unik, garis-garisnya juga dapat memiliki tujuan sosial, membantu zebra untuk mengenali satu sama lain. Nah, kalau menurut wikipedia, belang-belang pada tubuh zebra mampu membantu sistem pertahanan zebra pada predator lho, guys. Menarik sekali bukan?hihi.
Zebra Africa Namibia Nature Dry National P
5) Tahukah kamu? Makhluk keren ini adalah herbivora dan menghabiskan sebagian besar hari mereka makan rumput, dan terkadang daun, ranting semak dan kulit kayu juga. Gigi mereka juga disesuaikan untuk merumput, dengan gigi seri tajam di depan mulut mereka untuk menggigit rumput, dan geraham besar di belakang untuk menghancurkan dan menggiling,lho.

6) Zebra terus bergerak untuk mencari makanan mereka yang berupa  rumput segar untuk dimakan dan air untuk diminum. Makhluk super sembunyi-sembunyi, mereka akan melakukan perjalanan ribuan kilometer untuk mencari padang rumput hijau di mana mereka dapat mengisi perut mereka! mantap!

7) Zebra adalah hewan sosial dan hidup bersama dalam kelompok besar, yang disebut kawanan ternak. Ketika mereka bermigrasi ke tempat makan baru, ‘kumpulan super’ dapat terbentuk yang terdiri dari ribuan individu. Mereka mungkin bekerja sama dengan grazer lain dalam perjalanan mereka, juga, seperti  rusa kutub.

8) Dalam kelompok kawanan zebra, zebra cenderung tetap bersama dalam kelompok keluarga yang lebih kecil, biasanya terdiri dari laki-laki yang dominan, beberapa betina (disebut 'kuda') dan anak muda mereka (disebut 'anak kuda'). Ketika mereka berusia antara satu dan tiga tahun, laki-laki (atau ‘kuda jantan’) pergi untuk bergabung dengan ‘bachelor herds’ (semua kelompok laki-laki), di mana mereka tinggal sampai mereka cukup besar dan cukup kuat untuk bersaing untuk perempuan.
Animal, Zebra, Nature, Savanna, Stripes
9) Zebra selalu tampil ataupun terlihat menawan dan juga elegan,tetapi jangan tertipu - zebra bisa menjadi hewan yang agresif juga lho! Kuda jantan bertarung untuk betina dengan gigitan tajam dan tendangan kuat yang cukup kuat untuk menyebabkan kerusakan serius - dan kadang-kadang dapat membunuh! ngeri juga ya, guys.

10) Keterampilan bertarung mereka yang kuat dan ikatan sosial yang kuat membantu melindungi zebra dari pemangsa, termasuk singa, leopard, hyena dan cheetah. Ketika terancam, hewan-hewan mengagumkan ini membentuk semi-lingkaran yang menghadap penyerang, dan bersiap untuk menyerang jika perlu. Dan jika salah satu kelompok terluka atau terluka, zebra lain akan berputar dan berusaha mengusir penyerang yang lapar. Semua untuk satu dan satu untuk semua!

 Itulah dia 10 fakta menarik seputar hewan zebra, mohon maaf bila ada kesalahan. Terima kasih bagi yang telah membaca!

Komentar

Postingan Populer