Agar Malaikat Senantiasa Mendoakan Kita

photo by sahabatmuslimah.com
Agar Malaikat Senantiasa Mendoakan Kita - Assalamualakum Warahmatullah hiwabarakatuh, semoga anda yang membanca blog ini dalam keadaan sehat walafiat, amiin. Di kali ini saya akan memberikan sebuah amal amalan agar sang malaikat dapat membantu mendoakan kita. Doa seorang yang beriman, salih dan sholehah adalah doa yang dijabah oleh Allah Swt. lebih dari itu sebenarnya kita punya banyak kesempatan lebih besar, untuk mendapatkan dari makhluk Allah yang tidak perna memiliki kesalahan.dan yang selalu setia terhadap semua perintah arahan Allah Swt. merekalah para malaikat seperti sebuah firman  pada Qur'an surah At- Tahrim ayat 6 yang berarti, dan tidak menduharkai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. 

Tentu dengan posisi dan kedekatannya dengan Allah Swt. sangat besar memungkinkannya doa sang malaikat dijabah oleh Nya. Diantara kemurahan Allah Swt. kita memiliki kesempatan untuk didoakan oleh para malaikat. Syaratnya tidak begitu sulit bahkan terbilang sangat mudah jika memang sudah niat dan bertekad Insya Allah kita bisa mendapatkann doa para malaikat. Ingin tahu, apa saja amalan yang bisa membantu para malaikan mendoakan kita? berikut beberapa amalan yang membantu para malaikat mendoakan kita. Di bawah ini sudah saya sediakan 10 tips mendapatkan doa para malaikat

1.  yang pertama ialah, orang yang menunggu azan waktu sholat tiba, bahkan sesudah sholat. sang malaikat akan mendoakan orang-orang yang senantiasa menunggu azan tiba. doa malaikat juga ditujukan kepada orang yang datang di awal  waktu.Ia akan hadir untuk mendoakan orang-orang yang sholat tepat waktu bahkan kepada orang-orang yang sedang menanti kedatangan azan tiba. mereka berwudhu sambil melakukan dzikir dan juga bersholawat. selama mereka yang menunggu, selama itulah juga para malaikat senantiasa mendoakan mereka. Rasullulah Saw. bersabda " Tidaklah salah seorang diantara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci., kecuali para malaikat akan mendoakannya ' YaAllah Ampunilah ia, YaAllah Sayangilah ia (HR.Muslim).

akan semakin utama bila sholat di awal waktu, terlebih lagi bagi orang orang yang sholat di Mesjid secara ber jama'ah. selama kita menunggu iqomat dikumandangkan, akan dinilai Allah sebagai sebuah kebaikan dan akan didoakan oleh para malaikat yang merupakan makhluk yang juga dekat dengan Allah Swt.
Hasil gambar untuk shaf pertama berjamaah
photo by infounik.com
2. Yang kedua ialah, berada di shaf ataupun barisan pertama, artinya kita masih bisa memiliki peluang ataupun kesempatan untuk mendapatkan doa sang malaikat. Inilah salah satu kelebihan bagi orang yang sholat di bagian shaf pertama saat berjama'ah. Sesuai dengan sabda Rasullulah Saw yang bersabda '' Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat kepada orang-orang yang shalatnya di bagian shaf-shaf terdepan. ''( HR. Abu Dawud). 

Sayangnya  yang terjadi di sebagian masjid di tanah air, orang-orang enggan untuk mengisi bagian shaf pertama justru orang akan mempersila hkan orang lain untuk berada di shaf di depannya. Ini bukanlah tindakan yang dipuji, ia memberi kesempatan bagi yang lainnya. sedangkan ia tidak. Dalam alquran kita dianjurkan untuk saling berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Dan jugat terdapa sebuah hadis riwayat Imam Bukhari, Rasulullah menyampaikan begitu besarnya keistimewaan shaf pertama. Gimana sahabat muslim sekalian? masih ingin di shaf belakang? ;) namun, apakah barisan shaf kedua, ketiga dan seterusnya akan mendapatkan peluang untuk mendapat doa malaikat? bisa saja, hanya saja peluangnya hanya sedkit, namun jika kita sudah berinisiatif ingin di barisan pertama tetapi, tidak mendapatkannya, insyaallah malaikat senantiasa mendoakan kita.

3. yang selanjutnya ialah, orang yang meyambung shaf yang kosong. Rasulullah saw bersabda ''Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu berselawat kepada orang orang yang menyambung shaf-shaf. ( HR. Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim.) kesempatan bagi orang orang yang didoakan oleh para malaikat masih berlanjut bagi orang-orang yang menyambung shaft atau barisan yang kosong.

4. keempat, masih ada kesempatan kita untuk mendapatkan doa seorang malaikat. Masih dalam hal sholat, di saat mengucapkan Aamin, sesudah membaca surah Al-Fatihah. Jika kita secara tidak langsung mengucapkan bersamaan dengan sang malaikat, insyaallah doa kita dijabah untuk mendapatkan jalan yang lurus. Rasulullah Saw. bersabda, jika seorang imam berkat ghairil ma mahduubi alaihi waladh dhaaalim, maka ucapkanlah 'Aamiin. karena barangsiapa ucapannya itu bertetapan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosanya di masa lalu. Subhanallah.

5. Apakah kesempatan kita untuk mendapat doa dari seorang malaikat selesai, ketika sholat selesai? jawabnnya tidak.  Jika kita memilih duduk di tempat kita sholat dengan berdzikir dan mengingat Allah, maka peluang untuk doa seorang malaikat masih ada kesempatannya. Namun, hingga sekarang ini masih banyak yang setelah selesai sholat langsung pergi dengan urusannya. Akan baiknya kita menabung pahala, walaupun hanya sebentar dengan berdzikir dan memuji Allah. Rasulullah Saw. bersabda, para malaikat akan tetap bersalawat kepada salah satu diantara kalian , selama ia masi berada ditempat shalat, dimana ia melakukan sholat, selama ia belum batal wudhunya. dan para makaikat berkata ampunilah ia dan sayangilah ia. '' ( HR. Ahmad)

6. Sholat pada waktu subuh dan ashar. Doa kita akan dijabah pada waktu sholat subuh dan ashar, kenapa tidak?   sebelum itu, tahukah kamu, bahwa malaikat juga memiliki tertentu untuk melaksanakan tugasnya. saat subuh ia turun dari langit dan saat ia tinggalkan pun bagi mereka yang shalat, malaikat berdoa agar orang orang tersebut diampuni di hari kiamat.  maka karena itu doa ketika di waktu subuh dan ashar dapat dijabah oleh Allah swt.

7.  golongan berikutnya yang mendapatkan doa oleh para malaikat adalah orang-orang yang berinfak rasulullah saw. bersabda, turun dua malaikat dari langit setiap hari di waktu pagi, yang stau berdoa, Ya Allah, berikanlah ganti dari harta yang diinfakkan kepada orang dermawan dan berikanlah kerusakan pada hartanya kepada orang yang kikir. (HR. Bukhari dan Muslim)  Allah akan memberi rezeki kepada orang yang dihendakinya dengan tanpa batas.

8. golongan yang lainnya ialah, orang yang memperhatikan adab tidur. orang yang tidur dalam keadan bersuci.tidak hanya mengejamkan mata dan beristirahat. tidur juga merupakan sebuah hal yang bernilai ibadah. ketika tidur Allah menahan ruhnya dan ketika bangun allah emngembalikan ruh nya. sebelum tidur kita juga dianjurkan mengibaskan seprai, dengan mengucapkan bismillah, karena kita tidak pernah tahu apa yang ada sebelumnya di atas tempat tidur. sebelum tidur juga kita harus mengevaluasi diri, jika kita berbuat baik, akan baiknya kita memuji Allah dan bersyukur, jika kita berbuat salah, segeralah meminta ampunan kepaasya. dan kita dianjurkan tidur dengan menghadap ke kanan. Rasulullah bersabda, barang siapa tidur dalam keadaan bersuci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya, ia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa, yallah ampunilah ia karena ia tidur dalam keadaan bersuci ( HR.Ibnu Hibban)

9. hak sesama muslim ialah dengan menjenguk orang yang sedang sakit. menjenguk seseorang yang sedang sakit, muslim maupun non muslim akan mempererat tali silaturahim. menjenguk seorang yang sedang sakit ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, salah satu dantaranya ialah akan didoakan oleh 70.000 malaikat pada hari itu juga.

10. mendoakan saudara yang terbaik tanpa sepengathuan saudara.Doa merupakan kekuatan yang luar biasa, terlebih lagi mendoakan sang saudara yang bermanfaat, maka doa tersebut akan dijabah. terdapat sebuah hadis yang berati barang siapa yang mendoakan saudara secara diam diam, maka malaikat akan mendoakan sama seperti doa yang ditujukan kepada saudara. begitu juga kebalikannya, jika kita mendoakan yang merugikan saudara kita, maka hal itu juga akan didoakan malaikat untuk kita.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat kebaikan dari doa oleh para malaikat, aamiin. Terima kasih telah membavca, dan semoga bermanfaat bagi sahabat muslim semuanya. Wass..

Komentar

Postingan Populer