5 Museum Medan Yang Wajib Kamu Kunjungi!

5 MUSEUM MEDAN Yang Wajib Kamu Kunjungi ! - Museum adalah instituti permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka , dengan cara mengoleksi, menkonservasi, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan. Bagi kamu yang berada di kota Medan, kamu  bisa mampir ke Museum Medan. Di museum kamu bisa belajar asyik sambil berwisata. Akan ada banyak cerita dan sejarah yang menarik. Nah berikut beberapa museum yang gak boleh kamu lewatkan!

1. Museum Negeri Sumatera Utara
Museum ini terletak di Jalan HM Joni no 15, Medan Barat. Bangunan museum ini berbentuh seperti rumah adat daerah Sumatera Utara. Disini kita bisa melihat 6779 koleksi. Terdiri atas replika hewan khas Sumatera, replika fosil manusia zaman purba, diorama kehidupan prasejarah, dan ada juga peninggalan batu nisan, senjata, dan lainnya.
Photo by situsbudaya.id

2. Rahmat International Wildlife Museum & Galerry
Sebuah museum sejarah alam di Medan. Museum ini menampilkan berbagai koleksi satwa dari yang terkecil hingga yang terbesar sesuai habitatnya. Museum ini memiliki luas 2970 m. lebih dari 2000 segala jenis hewan ada disini. Hewan diisini ialah hewan yang sudah mati dan diawetkan, yang awalnya hasil buruan yang dilegalkan. Berbagai hewan penjuru dunia bisa anda temui disini. Serta anda juga bisa mendapatkan info yang menarik pada hewan hewan tersebut.
photo by tripadvisor.co.id

3. Museum Perkebunan
Berada di Jalan Brigjen Katamso, No 53. Diresmikan pada tanggal 10 Desember 2016. Menggunakan bangunan tua peninggalan kolonial Belanda. Disini kita bisa mengetahui sejarah dan seluk beluk perkebunan di Indonesia. Di lantai satu terdapat ruang yang menjelaskan tanaman yand ada di Indonesia seperti, tembakau, kelapa sawit, kopi, teh dan lainnya. 
Photo by Harian.analisadaily.com
 Di lantai dua berisi informasi tentang berbagai peralatan yang dulunya digunakan sebagai alat bantu pertanian. Disini juga terdapat barang kuno seperti timbangan, mesin hitung, dan benda lainnya yang digunakan di kantor perkebunan.

4. Rumah TjongA Fie
Rumah ini terletak di Jalan Jederal Ahmad Yani No,105, rumah dua lantai yang dibangun oleh Tjong A Fie. Rumah ini selesai dibangun tahun 1900 dan dirancang dengan gaya arsitektur Tionghoa, Eropa, Melayu, dan art deco. Rumah ini menjadi wisata bersejarah di Medan. Pengunjung dapat mengetahui sejarah kehidupan Tjong A Fie lewat foto, lukisan, serta mempelajari budaya tinghoa.
Photo by jejakpiknik.com

5. Museum Uang Sumatera
Museum uang pertama kali yang ada di Sumatera. Berada di Jalan Pemuda, No 13. Dibuka sejak bulan Mei 2017 lalu. Museum ini menunjukkan mata uang yang digunakan masyarakat pada masa revolusi Sumatera Utara. Semua jenis mata uang dari zaman VOC sampai sekarang ada diamankan di museum ini. Di lantai satu kita dapat melihat uang dari senilai 2,5 rupiah, 10 rupiah, 25 rupiah, yang tidak hanya uang kertas. Terdapat juga mesin pencetak uang dan alat pemotong uang di zaman tersebut. Di lantai dua terdapat ruang yang memerkan uang logam dengan berbagai macam dan juga ada yang terbuat dari emas asli.`
Hasil gambar untuk museum uang sumatera
Photo by jejakpiknik.com

Komentar

Postingan Populer