Pisang Sebagai pengobatan


  Photo by awesomeashild.com 

MANFAAT PISANG - Buah pisang adalah  salah satu buah tropis yang berkalori tinggi . Buah ini mengandung serat kesehatan yang menguntungkan, anti-oksidan, mineral, serta vitamin. Dengan daging yang lembut dan mudah dicerna dapat langsung mengisi energi. Nilai energi yang didapatkan 2X lipat dari buah apel. Tanaman pisang ini, berdaun besar dan memanjang ini menghasilkan buah yang tersusun menjari atau disebur sisir. Karena kaya akan serat, Vitamin B6, C, dan Kallium pasti banyak memberikan manfaat kepada orang yang mengonsumsinya.
               
Kandungan Gizi Pisang       
ü  Vitamin B6 – 0,5 mg
ü  Mangan – 0,3 mg
ü  Vitamin C – 9 mg
ü  Kalium – 450 mg
ü  Serat – 3g
ü  Protein – 1 g
ü  Magnesium – 34 mg
ü  Folat – 25.0 mcg
ü  Riboflavin – 0,1 mg
ü  Niacin – 0,8 mg
ü  Vitamin A – 81 IU
ü  Besi – 0,3 mg

                                                           Photo by healthbenefitsfruit.blogspot.com         


Khasiat Pisang Bagi Tubuh Kita

v  Melancarkan saluran pencernaan
Serat yang tinggi pada buah pisang akan membantu orang yang rajin mengonsumsinya akan membantu memperlancarkan saluran pencernaan. Ju ga karena pisang mengandung Pati Resistent yang merupakan prebiotik yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik  sehingga melancarkan prose saluran pencernaan. Mengonsumsi pisang juga dapat menghindari pengerasan feses yang pada dasarnya merupakan gejala awal dari sembelit.
v  Menghindari resiko Gangguan Ginjal
Buah yang mengandung potassium atau kallium ini, dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kallium yang cukup tiap harinya maka kita dapat menjaga kesehatan ginjal dengan baik dan juga dapat menghindari penyakit kegagalan ginjal. Cukup mengonsumsi sebanyak 4-6 kali tiap minggunya maka kamu akan menurunkan resiko terkena penyakit Gagal Ginjal.
v  Menyehatkan Jantung
Dengan rajin mengonsumsi pisang kita dapat menghindari penyakit mematikan. Pisang yang kaya akan potallium ini dapat menjaga kesehatan pada jantung dan juga menjaga tekanan darah berada dalam kondisi yang stabil. Dan karena pisang juga mengandung anti-oksidan yang dapat menurunkan resiko terkenanya penyakit yang berkaitan pada jantung.
v  Menjaga Kesehatan Kulit
Pisang memiliki kandungan Piridoksin atau pyridoxine yang tinggi. Kandungan yang ada pada pisang mampu menjaga kesehatan pda kulit dan juga menyembuhkan berbagai masalah kulit. Seperti ketombe, kulit kering, jerawat dan lainnya.
v  Menjaga kesehatan Mata
Karena terdapat kandungan antioksidan dan karotenoid yang terdapat pada pisang akan membantu kesehatan pada mata. Dan juga dapat  menghindari penyakit pada mata seperti rabun senja, katarak dan Glaukoma dengan rutin mengonsumsinya.
v  Menyehatkan Otak
Kandungan kallium yang terdapat pada pisang dapat memberikan stimulun pada otak. Akan lebih baik dikonsumsi bersamaan dengan sarapan karena akan meningkatkan kosentrasi serta sumber energi yang cukup untuk mengawali aktivitas. Pisang juga bagus untuk dikonsumsi oleh bayi karena teksturnya yang lembut dan baik untuk perkembangan bayi.
v  Bagus untuk ibu hamil
Bagi wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk rajin mengonsumsi buah pisang. Karena terdapat kandungan asam folat yang terdapat pada pisang cukup tinggi dan akan mudah terserap oleh otak sang bayi. Sehingga cukup efektif untuk merangsang perkembangan otak sang janin dalam rahim ibu. Folat juga bisa memberikan energi bagi ibu yang sedang mengandung, karena kondisi seorang ibu yang mengandung pasti akan cukup lelah. Cukup dengan mengonsumsinya 1-3 buah perharinya
v  Mengurangi tekanan darah
Dengan tingginya kallium dan rendahnya sodium dapat membantu untuk mencegah tekanan darah tinggi. Kandungan yang sempurna bagi anda untuk mengurangi tekanan darah.


Pisang Sebagai pengobatan

§  Asma, cukup dengan mengonsumsi satu pisang tiap hari akan mengurang peluang untuk mengalami sakitnya asma.
§    Anemia, Karena baiknya kandungan dalam pisang dapat baik bagi penderita kurang darah.
§      Diare, bagi anda yang sedang terkena penyakit diare akan lebih baik untuk mengonsumsi apel dan pisang, karena serat yang tinggi mampu membuat perut berisi dan tidak membuat penderita merasa lemah.
§  Liver, cuku memakannya dengan mencampurkan madu dapat memberikan stimulan untuk nafsu bagi makan bagi penderita liver.


 Semoga Informasi mengenai pisang ini bermanfaat dan bisa anda konsumsi.

Komentar

Postingan Populer