Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan


Manfaat Temulawak bagi kesehatan Tubuh - Berdasarkan informasi dari wikipedia, temulawak adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temuan yang berasal dari indonesia, khususnya tepat pada Pulau Jawa, yang kemudian menyebar ke beberapa daerah wilayah. Saat ini sebagian besar dari budidaya temu lawak  berada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dam Filiphina. Tanaman satu ini sebagai dasar utama obat tradisional di Indonesia. Biasanya temulawak dimanfaatkan atau diolah menjadi jamu, bumbu masakan, dan bagian dari obat tradisional.  Tapi Guys, udah tahu belum kandungan dan manfaat dari tanaman yang satu ini? Berbagai manfaat bisa kamu proleh jika mengonsumsinya! Stay and scroll yaa!
Kandungan Temulawak
Pertama kita harus tahu terlebih dahulu, apa saja sih kandungan yang terdapat didalam temulawak. Nah, ternyata Temulawak itu mempunyai beberapa kandungan Zat Aktif nih, antara lain Kurkumin, kurkuminoid, P-toluilmetilkarbinol, seskuiterpen d-kamper, mineral, minyak atsiri serta minyak lemak, karbohidrat, protein, mineral seperti Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Besi (Fe), Mangan (Mn), dan Kadmium (Cd). sebagaimana halnya tanaman herbal (obat-obatan alami). Kandungan kandungan ini pastinya memiliki khasiatnya, berikut beberapa khasiat dari temulawak !

v  Mengurangi radang sendi
Di suatu referensi yang saya baca memeberi tahu bahw a temulawak juga terdapat kandungan curcumin yang sangat baik untuk tubuh anda. Dan terutama radang sendi yang dirasakan . Cara kerjanya yakni, dengan melankukan penghambatan perpindahan sel sel. Dengan mengonsumsi temulawak akan efektif membantu mengurangi radang sendi anda.
v  Menyembuhkan penyakit Maag
Anda tak perlu merasakan sakit Maag yang rasa sakitnya berada ditengah perut, hentikan derita ini dengan cukup mengonsumsi temulawak. Anda hanya perlu menyiapkan temulawak 1 rimpang , cuci bersih dan buang kulitnya, iris tipis lalu rebus dengan air sebanyak 5 gelas, setelah mendidih diamkan dan minum air itu secara rutin.
v  Menurunkan lemak darah
manfaat lainnya masih ada loh guys, didalam referensi yang saya baca ekstra temulawak terdapat sebuah ekstra fraksi kurkuminoid ini sangat bermanfaat untuk menurunkan lemak darah.
v  Untuk mengatasi asam lambung
Manfaat lainnya pada temulawak ialah mengobati asam lambung. Karena kandungan yang terkandung di dalamnya membantu anda mengatasi rasa sakit asam lambung dan mencegahnya datang kembali.
v  Menyehatkan Jantung
Sebuah referensi yang saya baca mengenai kesehatan memberi tahu bahwa kandungan yang terdapat pada temulawak juga menjaga kesehatan jantung anda. Jadi cobalah mengonsumsi salah satu bahan alami ini, anda akan merasakan khasiatnya.
v  Memelihara fungsi hati
Kandungan curcumin yang terdapat didalam temulawak memiliki khasiat menjaga kesehatan fungsi hati. fungsi hati akan bekerja secara maksimal dan terhindar dari penyakit yang membahayakan hati.
v  Mengatasi kanker
Wah wah tak hanya menyehatkan jantung, ternyata temulawak dapat mengatasi penyakit mematikan yang satu ini. Temulawak dapat menghambat perkembangan sel sel kanker prostat dengan cara kerja menghentikan darah yang mendukung pertumbuhan kanker.
v  Mengatasi Gangguan Ginjal
Khasiat dari temulawak tidak dapat diragukan lagi. Bahan alami dari alam ini membantu menyembuhkan penyakit gangguan ginjal.
Mengatasi masalah pada pencernaan
Zat yang terkandung di dalam temulawak mampu merangsang empedu di kandung empedu, yang fungsinya membantu meningkat kesehatan pencernaan. Khasiat dari temulawak ini membantu memberi dukungan terhadap pencernaan dan menghindari berbagai masalah penyakit pada pencernaan. Seperti Maag, asam lambung, kembung, dan lainnya.




TIPS MEMBUAT JAMU DENGAN BAHAN TEMULAWAK :D


*      Siapkan bahan bahannya yang pastinya menggunakan temu lawak , kencur, asam jawa kawak yang sudah dikeluarkan bijinya , gula aren, jintan, dua liter air putih, air masak.
*       Bersihkan temulawak dan kencur, setelah bersih iris tipis.
*      Siapkan kuali kecil dan panaskan kencur dengan temulawaknya tanpa minyak, hanya sebentar saja.( menyangrai)
*      Setelah selesai masukkan ke blender beserta asm jawa kawak sama jintan da air yang sudah masak, blender hingga halus.
*      Gunakan panci kecil untuk merebus air bersamaan dengan gula aren dan daun pandan sampai harum dan mendidih.
*      Langkah terakhir ialah hasil rebusan gula aren disatukan dengan hasil blender temulawak yang tadi, aduk sampai menyatu semua dan disaring, ambil airnya dan masukkan kegelas.

Jamu Temulawak siap dinikmati J

Komentar

Postingan Populer