Khasiat kencur bagi tubuh kita



Pinterest.com

Khasiat kencur bagi tubuh kita - Berdasarkan informasi dari Wikipedia kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat yang tergolong dalam suku temu temuan. Tanaman obat khas ini  mempunyai berbagai kandungan yang banyak khasiatnya. Nah , ada yang tahu tidak makanan khas indonesia yang bahan utamanya memakai jenis tanaman satu ini, yakni kencur? Hayoo makanan apa yaa..? itu loh hampir seperti dengan salad sayuran, Pecel! Karedok! Dan ada juga beberapa yang lainnya. Tapi yang jelas populer dan disukai semua umur, pecel!  Makanan ini memang wajib menggunakan kencur sebagai bumbu pelengkapnya. Kenapa? Karena jenis tanaman satu ini akan meningkatkan aroma dan cita rasa dari makanan tersebut. eits dan tak hanya makanan saja loh yang dibuat dengan bahan kencur. Minuman juga bisa menggunakan bahan kencur yang diolah menjadi berbagai ramuan jamu seperti salah satunya bernama jamu beras k
encur. Para pedagang jamu pasti juga menyediakan jamu beras kencur, berbagai kandungannya menghasilkan manfaat bagi tubuh kita.


Kandungan kencur

 -Pati (4,14 %)
*       - Mineral (13,73 %)
*       - Minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa
*       -   Sineol
*     -   Asam metil kanil dan penta dekaan
*       - Asam sinamat
*       - Etil ester
*       - Borneol
*       - Kamphene
*       - Paraeumarin
*       - Asam anisat
*       - Alkaloid dan
*       - Gom                    
                                                             Pinterest.com


Manfaat Kencur


ü  Mengobati penyakit mematikan
Kencur memiliki kandungan antioksidan yang mampu memusnahkan radikal bebas yang membahayakan tubuh. radikal bebas merupakan salah satu penyebabnya datangkan kanker, tumor, dan juga penyakit mematikan lainnya. Karena itu, tubuh kita membutuhkan antioksidan. Kandungan antioksidan pada kencur bisa anda konsumsi untuk membantu meningkatkan antioksidan pada tubuh.
ü  Mengobati Maag
Kandungan yang terdapat pada kencur dapat mengobati secara alami. Maag penyakit yang menyerang dengan sangat cepat dan tiba tiba.  Anda hanya cukup mengonsumsi dengan bahan kencur dan mendapatkan lambung yang sehat serta mencegah maag datang kembali.
ü  Mengobati Nyeri
Nyeri pada bagian seperti punggung bisa anda meredekan rasa nyeri dengan bahan dari kencur. Karena, kandungan yang terdapat di dalamnya bisa membantu meredakan rasa sakit nyeri pada tubuh.  Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan ialah daun suji, kulit pisang, serta daun salam.
ü  Mengobati berbagai keluhan asam lambung
Dengan mengonsumsi tanaman obat satu ini, dapat membantu mengobati berbagai keluhan bisa diatasi. Anda hanya cukup mengonsumsi jamu beras kencur. Hal ini juga dapat mengatasi berbagai masalah seperti, meningkatkan nafsu makan, penghilang pegal dan capek, mengobati masuk angin, dan masih banyak lainnya.
ü  Mengobati kencing batu
Kandungan yang terdapat didalamnya dapat membantu menyembuhkan penyakit kencing batu. Caranya cukup mudah anda hanya harus mencuci kencur hingga bersih setelah itu, parut kencur lalu dicaampur dengan sengan segelas air hangat, kemudian disaring. Dan airnya diambil jikan ingin rasa yang lebih nikmat cukup tuang madu.
ü  Mengobati diare
Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi kencur. Caranya cukup mudah. anda hanya harus menyiapkan dua rimpang kencur dan dua siung bawang merah lalu ditumbuk halus secara bersamaan. Bungkus kedua bahan di daun pisang lalu bakar, jangan biarkan sampai gosong, biarkan hingga hangat saja, dan balurkan ramuan tersebut ke bagian perut.
ü  Mengobati batuk
Kandungan yang terdapat pada kencur dipercayai mampu mengatasi sakit batuk. Anda cukup menggunakan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari di parut kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring. Di minum dengan ditambah garam secukupnya. Atau 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dikuliti kemudian dikunyah langsung. Airnya ditelan dan ampasnya dibuang. Lakukan tiap pagi secara rutin.
ü  Mengobati sakit kepala
Anda sakit kepala? Sudah minum obat tapi tidak teratasi? Anda bisa menggunakan bahan alami dari tanaman obat kencur. Dengan cara 2 rimpang kencur diparut kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, lalu diperas dan disaring. Diminum dengan tambahan garam secukupnya.

Membuat Jamu kencur Praktis dirumah

Stephealthylife.wordpress.com

1.      Merendam beras selama 4 jam. Setelah itu ditiriskan.
2.      Kupas kencur, cuci hingga bersih
3.      Tumbuk beras hingga halus, agar memperkuat aroma dan rasa tambahkan kayu manis dan cengkeh
4.      Campur semua bahan lalu rebus dan tambahkan gula merah serta gula pasir
5.      Mengaduk ramuan dan biarkan selama 20 menit dengan api yang kecil
6.      Tunggu mendidih dan masukkan ke dalam gelas
7.      Ingin tambah nikmat, taru jeruk nipis kedalamnya


Konsumsi selagi hangat,  semoga bermanfaat dan sehat J

Komentar

Postingan Populer