6 Penyakit Mematikan! Penyebab dan Pencegahannya!


Photo by fispol.com

6 Penyakit Mematikan! Penyebab dan Pencegahannya!Kematian pasti terjadi, tidak ada yang bisa menghindarinya. Kematian bisa terjadi karena kecelakaan atau bencana yang menimpa atau bahkan yang paling sering karena faktor penyakit yang membuat organ organ tak berfungsi hingga jantung. Sama halnya seperti sebuah sistem, tubuh kita juga tersusun dengan beberapa organ tubuh yang memiliki fungsi yang saling terhubung dengan organ yang lainnya. Oleh karena itu, jika terkena suatu penyakit yang merusak salah satu organ, maka akan turut berpotensi untuk memicu kerusakan organ yang lainnya. Jika kerusakan ini sudah semakin menyeluruh maka akan sangat berdampak buruk pada tubuh hingga menyebarbkan kematian.
Photo by picstopin.com
 kita perlu mengetahui dan mengenal mengapa penyakit mematikan itu bisa terjadi, dengan begitu kita bisa menghindari dan mengupayakan untuk mencegah penyakit mematikan. Nah, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengenal beberapa penyebab dari jenis penyakit dibawah ini!
1.      Stroke

Stroke merupakan penyakit yang terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah di otak. Sehingga darah pada bagian otak tertentu akan berkurang bahkan terhenti suplai oksigennya sehingga menjadi rusak bahkan mati. Nah akibatnya akan ada gejala muncul seperti wajah menjadi lumpuh sebelah, cara bicara berubah menjadi pedo, anggota gerak badan menjadi lumpuh, bahkan sampai koma dan meninggal dunia. Nah hal ini bisa terjadi karena kurangnya berolahraga, berlebihan mengonsumsi makanan berlemak tinggi, darah tinggi, dan adanya kolesterol.

Cara mencegahnya ialah anda hanya cukup rajin berolahraga, mengonsumsi makanan kaya serat dan nutrisi, kurangi mengonsumsi makanan berlemak tinggi, dan seringlah mengecek kolestrol anda.

2.      Jantung Koroner

Penyakit ini merupakan jenins penyakit yang paling umum dari penyakit jantung dan penyebab kematian tertinggi bagi semua orang. Penyakit ini terjadi ketika pembuluh arteri yang masuk ke bagian darah yang mengalir ke jantung dan akan mengeras dan menyempit karena penumpukan kolesterol dan zat yang dikenal dengan plak. Plak ini akan sangat berbahaya jika semakin menumpuk dan menyumbat aliran darah, jantung tidak mendapatkan pasukan darah, oksigen, dan nutrisi yang sangat diperlukan oleh jantung untuk berfungsi secara normal. Nah penyakit ini bisa mengakibatkan sesak napas, nyeri pada bagian dada, hingga serangan jantung.  Penyebabnya bisa terjadi karena kebiasaan merokok, menderita penyakit darah tinggi, menderita diabetes, malas berolahraga, kegemukan, tingkat stress yang tinggi, dan bisa saja penyakit keturunan.

Cara pencegahannya ialah dengan berhenti merokok, mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur, menurunkan berat badan, mengurangi stress.

3.      Penyakit Paru paru Obatruktif Kronis
Nama penyakit ini disingkat menjadi PPOK. Penyakit ini merupakan penyakit parau paru dengan jangka panjang sampai bertahun tahun yang sudah mencapai titik keparahan. Penyakit ini mengakibatkan aliran udara terhalang dari dalam paru paru sehingga pengidap akan kesulitan mengambil nafas, tubuh terasa lelah, kehilangan berat badan, produksi lender berlebihan, perubahan warna kulit, dan juga batuk tanpa henti. Penyakit ini bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, dan juga seringnya terkena asap rokok, polusi udara, dan juga bisa karena faktor usia dan keturunan.

Cara mencegahnya ialah dengan menjaga kebersihan tangan, menghindari asap rokok dan tidak merokok, menghindari kemacetan yang penuh polusi, menghindari asap membakar sampah, mengurangi paparan zat klorin, menjaga pola makan dan yang sehat, kurangi stress, lakukan olahraga, tidak minum alkohol.

4.      Infeksi Saluran Nafas bagian bawah
Penyakit ini sering disebut ISPA. Penyakit yang merupakan infeksi yang meganggu proses pernafasan seseorang. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea atau pipa pernapasan, atau bahkan paru paru. Penyakit ini menyebabkan fungsi pernapasan dan hal ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan kebutuhannya. Jika hal ini terjadi, bisa berakibat fatal hinga berujung kematian. Gejala pada penyakit ini ialah sering bersin, hidung tersumbat, atau berair, paru paru terasa terhambat, batuk batuk dan tenggorokan terasa sakit, kerap merasa kelelahan dan timbul demam. Jika ISPA bertambah parah makan gejala yang ditimbul akan lebih serius seperti, pusing, kesulitan benapas, demam tinggi dan menggigil, kesadaran menurun dan bahkan hingga pingsan. Penyebab penyakit ini ialah virus dan bakteri, dan kebakaran hutan, dan juga polusi udara. Sehingga kita harus berhati hati.

Cara mencegahnya ialah dengan menghindari polusi daerah, hindari daerah kebakaran, selalu menjaga kebersihan.

5.      HIV / AIDS
HIV merupakan singkatan dari Human immunodeficiency virus. Penyakit ini akan melemahkan system kekebalan tubuh kita. Bahkan bisa membuat kemampuan imun kita menurun sangat drastic hingga ke titik yang paling rendah.gejala yang terjadi bisa membuat penderita demam terus menerus, kelelahan ekstrem, berat badan turun, sulit menelan, sakit tenggorokan terus menerus, diare persisten, sakit kepala, pelupa,  Penyebab penyakit ini bisa terjadi ialah ses bebas, transfusi ke darah yang terkontaminasi, penggunaan pernak pernik yang tidak aman seperti tindik, dan juga narkoba.
Cara pencegahannya ialah dengan tidak melakukan sex bebas dengan lelaki yang berbeda, menjauhi narkoba, menggunakan jarum suntik baru.

6.      Kanker trakea, bronkus, dan paru
Kanker trakea, bronkus, dan paru adalah kanker yang biasanya terjadi pada saluran pernafasan. Kanker ini mengakibatkan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada beberapa saluran pernafasan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker pada saluran pernfasan ini, yakni kebiasaan merokok, menghirup asap rokok, racun lingkungan seperti polusi.
Cara mencegahnya ialah dengan tidak merokok dan menghindari asap rokok, menghindari asap/ polusi.

semoga informasi ini bisa membantu mencegah segala hal yang tidak di inginkan. semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan Populer